Keberhasilan proses pembelajaran tidak terlepas dari
kemampuan guru mengembangkan model-model pembelajaran yang berorientasi pada
peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara efektif di dalam proses
pembelajaran. Pengembangan model pembelajaran yang tepat pada dasarnya
bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat
belajar secara aktif dan menyenangkan sehingga siswa dapat meraih hasil belajar
dan prestasi yang optimal.
Untuk dapat mengembangkan model pembelajaran yang
efektif maka setiap guru harus memiliki pengetahuan yang memadai berkenaan
dengan konsep dan cara-cara pengimplementasian model-model tersebut dalam
proses pembelajaran. Model pembelajaran yang efektif memiliki keterkaitan
dengan tingkat pemahaman guru terhadap perkembangan dan kondisi siswa-siswa di
kelas. Demikian juga pentingnya pemahaman guru terhadap sarana dan fasilitas
sekolah yang tersedia, kondisi kelas dan beberapa faktor lain yang terkait
dengan pembelajaran. Tanpa pemahaman terhadap berbagai kondisi ini, model yang
dikembangkan guru cenderung tidak dapat meningkatkan peran serta siswa secara
optimal dalam pembelajaran, dan pada akhirnya tidak dapat memberi sumbangan
yang besar terhadap pencapaian hasil belajar siswa.
Mempertimbangkan pentingnya hal di atas maka pada bagian
ini anda diajak untuk membahas secara mendalam model-model pembelajaran. Sesuai
dengan sub-sub topik yang dibahas, maka setelah mengkaji bagian ini,
mengerjakan tugas-tugas latihan dan berdiskusi dengan rekan-rekan, diharapkan
anda memiliki komposisi:

0 komentar:
Posting Komentar